Peserta EDM Berniat Menuliskan Cerita Bersambung di Facebook

Peserta Pelatihan EDM #01

Hari Jumat dan Sabtu (20-21 Januari 2017) di Hotel Mesra Internasional Samarinda, Yayasan BUMI, dengan dukungan The Asia Foundation – Setapak 2, menyelenggarakan Pelatihan EcoDigital Movement #01. Pelatihan ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas masyarakat sipil, jaringan dan advokasi, serta meningkatnya pengetahuan dan keahlian netizen dalam memanfaatkan teknologi informasi (media sosial) dalam memperoleh dan memperjuangkan hak atas informasi dan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Yustinus Sapto menyampaikan materi Digital Acitivism

Yustinus Sapto menyampaikan materi Digital Acitivism

Yustinus Sapto Harjanto, Officer BukaData dan Ade Fadli, Ketua Yayasan BUMI, menjadi trainer dalam pelatihan ini. Materi pelatihan meliputi pengenalan pengetahuan ekosistem dan demografi digital, belajar dari gerakan digital di Indonesia, produksi konten digital, strategi advokasi digital, dan mengukur dampak optimalisasi digital.

Peserta Pelatihan EDM #01

Peserta Pelatihan EDM #01

Salah seorang peserta menyampaikan, “Saya akan menuliskan cerita bersambung di Facebook”. Yang lain menyampaikan “Saya akan membuat film”. “Saya ingin ke pelosok untuk memperoleh informasi di lapangan, ” ujar lainnya. Ini seolah fiksi, namun inilah yang dituliskan oleh peserta dalam kertas metaplan pada sesi tindak lanjut.

Eksplorasi Dunia Digital

Eksplorasi Dunia Digital

Pelatihan EDM #01 ini menerima pendaftaran dari 32 orang, terdiri dari 16 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Peserta yang hadir pada saat pelatihan berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 12  orang perempuan dan 11 orang laki-laki.