Pelatihan Eco Digital Movement #01

Kalimantan Timur tercatat sebagai salah satu provinsi yang berada dalam peringkat atas sebagai penghasil emisi karbon. Pelepasan karbon terbesar diakibatkan oleh deforestasi dan degradasi hutan. Laju deforestasi yang tinggi diakibatkan oleh tata kelola kehutanan yang tidak kunjung membaik. Beberapa hal yang menyebabkan tingginya laju deforestasi dan degradasi hutan serta lahan adalah:

  • Perencanaan tata ruang yang tidak efektif.
  • Permasalahan tenurial yang tidak segera diselesaikan.
  • Pengelolaan hutan yang tidak efisien dan efektif
  • Penegakan hukum yang lemah serta maraknya korupsi dalam sektor lahan dan hutan.

Kondisi tersebut diperkuat dengan kurangnya informasi dan dorongan dari publik untuk memperoleh hak atas informasi pembangunan di lingkungannya dan menyuarakannya kepada publik yang lebih luas maupun kepada pemerintah. Beragam alasan menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya adalah belum diterimanya informasi, belum adanya sensitivitas terhadap permasalahan sekitar, hingga kapasitas yang belum dimiliki untuk melakukan hal tersebut.

Yayasan BUMI dengan dukungan The Asia Foundation mengundang generasi muda, pelajar dan mahasiswa(i) untuk mengikuti Pelatihan Eco Digital Movement, yang dilaksanakan di Samarinda pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 20-21 Januari 2017.

Materi yang akan diberikan adalah:

  • Pengantar Ekosistem Digital dan Kebebasan Berekspresi Online
  • Digital Movement
  • Pengembangan Konten Digital
  • Perencanaan Advokasi Digital

Pelatih adalah Yustinus Sapto Harjanto (Kontributor Mongabay Indonesia, Videographer, GMS3KM) dan Ade Fadli (Blogger, SAFENet).

Mohon maaf, dikarenakan keterbasan ruang dan jumlah peserta telah memenuhi kuota sebelum tanggal berakhirnya pendaftaran, maka pendaftaran peserta kami tutup. Kami akan kabari lagi kesempatan berikutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.